Kelas Menulis & Pelatihan Pembuatan CV, Power Point, Poster Menggunakan Canva

Pada tanggal 06 Oktober 2018, organisasi JIWA (Jogjakarta International Writing Academy), bekerja sama dengan ASSAA dan Gerakan #AyoMenulisPopuler, mengadakan kegiatan yang berjudul Kelas Menulis & Pelatihan Pembuatan CV, Power Point, Poster Menggunakan Canva yang dilaksanakan di Fakultas Ilmu Budaya, UGM. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta. Adapun kegiatan ini dibagi menjadi 2 (dua) sesi antara lain “Cara Mudah Menembus Tulisan ke Media Massa” dan “Berlatih Membuat CV, PPT, Poster pakai Canva.”

Sesi pertama dibawakan oleh Raja H. Napitupulu yang merupakan seorang jurnalis, Awardee LPDP, sekaligus kandidat Doktor Studi Kebijakan UGM. Dalam sesi ini, beliau memberikan berbagai informasi dan tips–tips agar tulisan dapat menembus media nasional sekaligus keuntungan yang dapat diperoleh saat menulis dalam bentuk siaran pers. Melalui sesi pertama ini, peserta dapat memahami bahwa tulisan yang disusun berdasarkan data ilmiah, dikemas dalam bahasa pers, dan disebarkan melalui berbagai media nasional atau media sosial akan sangat diminati masyarakat terutama yang mengangkat isu–isu hangat dalam masyarakat. Selain memotivasi para pemula untuk menjadi lebih produktif, tulisan–tulisan ilmiah yang mereka susun pun dapat menjadi penyeimbang munculnya tulisan–tulisan hoax dalam media sosial belakangan ini. Dengan begitu, masyarakat pun dapat memperoleh bacaan yang lebih informatif dan berkualitas.

Sesi kedua pun tidak kalah menarik. Sesi ini diisi oleh Evan Sapentri yang merupakan founder Evansastudio, Awardee LPDP, sekaligus kandidat Master Visual Arts Studies UGM. Dalam sesi kedua, beliau memperkenalkan aplikasi Canva yang berbasis online dimana di dalamnya telah tersedia puluhan ribu lay-out PPT, sampul buku, sertifikat, CV, dsb. Keberadaan Canva sendiri dapat mendukung pengguna dalam menyusun karya–karya atau berbagai tulisan dengan tampilan yang menarik. Selain itu, dengan akses yang sangat mudah, para pengguna pun dapat meminimalisir waktu dalam menyusun karya mereka.

Dokumentasi Kegiatan No Column Title – 1136