Workshop Penulisan Jurnal International untuk Mahasiswa S2 & S3 Program Studi Pengkajian Amerika UGM

Program Studi S2 dan S3 Pengkajian Amerika UGM bekerja sama dengan Association of American Studies Students and Alumni (ASSAA) menyelenggarakan kegiatan Workshop Penulisan Jurnal Internasional. Kegiatan ini diikuti oleh dosen, mahasiswa S2 dan S3 Program Studi Pengkajian Amerika, dan mahasiswa S2 & S3 program studi lainnya di Universitas Gadjah Mada. Kegiatan workshop ini dilakukan selama 3 (tiga) hari, mulai dari hari Senin, 14 Februari 2022 sampai dengan hari Rabu, 16 Februari 2022.

Topik-topik menarik dibawakan oleh Bapak Gde Dwitya Arief Metera, Ph.D., selaku narasumber utama. Beliau adalah Research Fellow Equality, Development, and Globalization Studies (EDGS) di Buffet Institute, Northwestern University. Penelitian-penelitian yang Beliau lakukan adalah pada bidang kebijakan pemerintah yang berhubungan erat dengan isu-isu sekularisme, demokrasi, dan kebebasan beragama. Di Indonesia sendiri, penelitian Beliau terkonsentrasi di bidang studi politik Indonesia.

Hari pertama, narasumber membawakan topik The Macro Mindset: Understanding Research Cycle sebagai perkenalan kepada para peserta pelatihan bahwa menulis artikel jurnal dan menerbitkan artikel tersebut sangatlah penting. Pemateri juga menyampaikan bahwa kebaruan data, metode, dan teori sangat dipertimbangkan oleh para peninjau atau pengular jurnal tersebut. Kebaruan menandakan bahwa penelitian yang sedang dilakukan belum pernah dilakukan sebelumnya. Narasumber juga menjelaskan bahwa penelitian yang baik adalah mengikuti siklus yang bermula dari Problem, Plan, Data, Analysis, dan yang terakhir adalah Conclusion. Jika artikel penelitian sudah dikumpulkan, tetapi kita mendapat penolakan, hal tersebut adalah hal yang wajar bagi para peneliti dan akademisi karena beberapa jurnal menghendaki artikel yang sesuai dengan kualitas yang sudah ditetapkan.

Di hari kedua, topik yang dibawakan oleh narasumber adalah The Micro Skills: Index Cards, Memos, and Drafting. Bapak Gde menyampaikan bahwa hal ini adalah hal yang paling mudah dan untuk dilakukan dan akan sangat membantu dalam melakukan penelitian. Membaca dan atau meninjau artikel penelitian sebelumnya sangat membantu dalam merumuskan masalah penelitian yang sedang dilakukan. Narasumber mengatakan bahwa tujuan membaca adalah untuk memancing respon dari argumen-argumen yang dibuat, dan juga sebagai sarana untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan. Beliau juga berbagi cara mudah untuk mengoptimalisasi berbagai aplikasi yang dapat membantu para peneliti untuk membuat katalog dari bacaan-bacaan yang telah dilakukan, seperti cara memakai Google Scholar.

Materi yang bertopik The Structure of a Research Article dibawakan oleh narasumber pada hari terakhir pelatihan penulisan. Setelah memahami tentang siklus penelitian dan membaca berbagai artikel penelitian untuk melakukan penelitian yang baru, saatnya mengerti bagaimana penelitian yang sudah dilakukan dituang di dalam artikel penelitian yang nantinya akan diterbitkan di jurnal. Narasumber menyajikan beberapa template mulai dari pendahuluan hingga kesimpulan yang bisa dipakai para peserta sebagai contoh dalam memaparkan penelitian mereka dalam bentuk tulisan. Acara yang berlangsung selama 3 hari ini selalu ditutup dengan pertanyaan-pertanyaan interaktif dari para peserta. Jawaban yang dipaparkan oleh narasumber pun dirasa sangat informatif dan bisa menambah wawasan para peserta untuk bekal mereka dalam menulis artikel penelitian kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.