ACARA PENYAMBUTAN MAHASISWA BARU DAN SERAH TERIMA JABATAN KEPENGURUSAN ASSAA TAHUN 2023/2024

Pada hari Senin (14/08), Program Studi Magister Pengkajian Amerika, Departemen Antar Budaya, FIB, UGM, telah melaksanakan acara Penyambutan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023/2024, dan serah terima jabatan penanggung jawab ASSAA (American Studies Students and Alumni Association). Acara berlangsung di Gedung Soegondo Ruang 105, dan acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FIB UGM, sekligus dosen Pengkajian Amerika, yaitu: ibu Dr. Nur Saktiningrum, S.S., M.Hum dan  beberapa dosen pengampu di program studi Magister Pengkajian Amerika, yaitu Dr. Aris Munandar, M.Hum, Prof. Dr. Ida Rochani Adi, S.U, Achmad Munjid Ph.D, dan dosen tamu Prof. Carla Johnes, Ph.D.  Acara penyambutan kali ini dihadiri oleh 37 tamu undangan, yang terdiri dari:  13 mahasiswa 2022 ganjil, 6 mahsiswa 2022 genap, para dosen dan 6 mahasiswa baru 2023 ganjil, yang ikut berdinamika bersama, dengan tujuan untuk mengenal lingkungan belajar dan antar individu mahasiswa

Acara dimulai pukul 09.00, dengan dibuka oleh Bapak Aris Munandar M.Hum, dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwasanya terdapat perubahan pada salah satu syarat kelulusan, mulai dari tahun ajaran ini mahasiswa hanya perlu mengambil 36 sks untuk menyelesaikannya. Beliau juga menjelaskan bahwa “meskipun terdapat pengurangan jumlah dalam sks, hal tersebut tidak akan mengurangi kualitas lulusan mahasiswanya.” Pihak Kurikulum telah mempertimbangkan dengan baik terkait dengan dampak adanya kebijakan baru ini. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Prof. Dr. Ida Rochani Adi, S.U, dalam sambutannya beliau menegaskan bahwasannya, sebagai seorang mahasiswa kita perlu memanfaatkan fasilitas apa saja telah yang diberikan oleh pihak universitas, buku dan sumber daya lain yang dibutuhkan oleh mahasiswa untuk menunjang proses pembelajaran.

Selanjutnya,Prof. Carla Johnes, Ph.D, selaku dosen tamu dari University of Colorado Boulder menyampikan dalam sambutannya terkait dengan MoU (Memorandum of Understanding), yang telah di tandatangi beliau, untuk menjalin kerjasama dengan UGM dalam hal ini (prodi Magister pengkajian Amerika) yang akan sangat bermanfaat bagi proses pembelajaran para Mahasiswa. Sambutan berikutnya dari Bapak Achmad Munjid, Ph.D, beliau memberikan gambaran kepada para mahasiswa terkait dengan mata kuliah filsafat, yang sangat menarik untuk diikuti, beliau menyampaikan bahwa “tahun-tahun ini adalah tahun-tahun politik, baik di Indonesia maupun di Amerika, dimana hal ini akan ramai sekali dan menarik untuk dipelajari.” jelas Bapak Achmad Munjid.  Dan sambutan yang terakhir yaitu dari ibu Dr. Nur Saktiningrum, S.S., M.Hum, beliau mewanti-wanti mahasiswa terkait dengan seiring majunya perkembangan zaman, telah banyak sekali di salah gunakan dalam hal akademik, seperti penggunaan aplikasi CHAT GPT.

Setelah sesi sambutan, acara dilanjutkan dengan sesi perkenalan seluruh mahasiswa yang telah hadir dan diakhiri dengan foto bersama. Acara kemudian masuk kebagian utama, dengan pemaparan dan sesi tanya jawab terkait dengan kurikulum tahun 2023/2024 oleh Bapak Aris Munandar, M.Hum. Beberapa hal juga di sampaikan dalam sesi ini seperti dengan jenis mata kuliah yang dapa diambil, deskripsi mata kuliah, dan berbagai hal yang berhubungan dengan kurikulum 2023/2024. Acara inti berikutnya yaitu proses serah terima kepengurusan ASSAA yang di wakilkan oleh Dimas Muhammad Akbar Ramadhan Fari, S.S, mahasiswa Angkatan 2022 ganjil selaku penanggung jawab ASSAA periode 2022/2023 kepada Aldila Zulfa Nur Aulia, S.S, mahasiswa Angkatan 2022 genap, sebagai Penanggung Jawab ASSAA periode 2023/2024.

Acara kemudian ditutup dengan presentasi tesis dan sesi tanya jawab oleh Alumni: Shantika Budhi Utami, S.Pd., M.A, dan Clevaria Ery Swandari, S.Pd., M.A. Dalam sesi ini mahasiswa turut aktif bertanya terkait dengan bagaimana proses pencarian data dan berbagai hal lain yang berkaitan dengan proses penyusunan tesis yang baik dan benar.