Mahasiswa Master’s in American Studies FIB UGM Yogyakarta Presentasi di 12th EuroSEAS Conference di Paris Auberviliers 2022

Pada tanggal 29 Juli 2022, Program Studi Master’s in American Studies, Fakultas Ilmu Budaya, UGM Yogyakarta, mengutus seorang mahasiswanya untuk menghadiri konferensi internasional “The 12th Congress of the European Association for Southeast Asian Studies (EuroSEAS)” yang diselenggarakan di dua tempat di Perancis, yaitu di The Ecole des Hautes Etudes en Sciences Sociales di kota Paris dan di Campus Condorcet di kota Aubervilliers.

Delegasi yang diutus adalah Ferry Hidayat, mahasiswa aktif Program Studi Magister Pengkajian Amerika, Fakultas Ilmu Budaya, UGM Yogyakarta, Semester 2, Angkatan 2021 Ganjil.

Dalam konferensi yang diselenggarakan secara online tersebut, Ferry Hidayat mempresentasikan makalahnya di hadapan ratusan peserta konferensi antarbangsa tersebut dengan judul “America in the Eyes of Indonesian Philosophers (1920-1940)”.

Dalam wawancara dengan redaktur, Ferry mengatakan bahwa dirinya sangat senang bisa menjadi delegasi FIB UGM pada acara tersebut. “Saya senang karena dapat kesempatan mengaplikasikan ilmu American Studies dari FIB di ajang akademis internasional. Saya pakai perspektif Transnasionalisme yang pernah saya pelajari dari Prof. Ida Rochani Adi, SU saat menulis makalah di konferensi ini,” jelas Ferry.

Keikutsertaan Ferry Hidayat, mahasiswa American Studies UGM Yogya, di konferensi tahunan EuroSEAS itu adalah berkat sponsor penuh dari Departemen Antarbudaya dan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM.

Berkenaan dengan sponsorship, Wakil Dekan Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan FIB UGM, Dr. Nur Saktiningrum, M.Hum., mengatakan bahwa kesempatan mahasiswa dan mahasiswi American Studies menjadi presenter di konferensi luar negeri adalah kesempatan yang tak boleh dilewatkan. Pihak fakultas akan bersedia membantu dalam hal pendanaan, yang nantinya akan membuka jalan untuk mendapatkan dana tambahan dari UGM (Ditmawa).

Selain Dr. Gadis Arivia Effendi, tokoh feminisme Indonesia yang kini mengajar di Montgomery College, Maryland, para presenter yang turut mempresentasikan makalahnya bersama Ferry Hidayat adalah Dr. Lara Hofner dari Freie Universität Berlin, Preciosa Regina Ang De Joya dari Singapore University of Social Sciences, Maria Kekki dari The British Library UK, Filip Kraus dari Palacky University, Taro Mochizuki dari Osaka University, dan Albert Alejo dari Pontifical Gregorian University, Italy.

Tautan Acara: https://euroseas2022.org/panels/histories-of-philosophy-in-a-southeast-asian-perspective

Leave a Reply

Your email address will not be published.