Prodi American Studies UGM Adakan Acara Penyambutan MABA dan Sertijab ASSAA 2022/2023

Bulaksumur (16/8) – Program Studi Magister dan Doktor Pengkajian Amerika FIB UGM Yogyakarta, pada hari Selasa pukul 8:30 WIB mengadakan acara Penyambutan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023 Semester Ganjil sekaligus serah – terima jabatan dari Penanggung Jawab ASSAA (American Studies Students and Alumni Association) periode 2021/2022 ke Penanggung Jawab ASSAA periode 2022/2023.

Acara yang berlokasi di Gedung Soegondo Ruang 107 ini dihadiri oleh civitas academica Program Studi Magister dan Doktor Pengkajian Amerika. Nampak hadir dalam acara adalah Ketua Departemen Antarbudaya, Prof. Dr. Sangidu, M.Hum., Wakil Dekan I FIB Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Nur Saktiningrum, S.S., M.Hum., beberapa dosen, yaitu Dr. Aris Munandar, M.Hum., Achmad Munjid, Ph.D., para mahasiswa Angkatan 2020, Angkatan 2021 Ganjil dan Genap, dan para mahasiswa baru Angkatan 2022 Ganjil.

Dalam sambutannya, Wadek FIB, Ibu Nur Saktiningrum menasehati para mahasiswa untuk menyelesaikan studi mereka tepat waktu. “Menyelesaikan studi tepat waktu membuat portofolio kita semakin baik di mata user. Banyak pemberi beasiswa yang menekankan pentingnya portofolio ini,” jelas Bu Saktiningrum. Selain portofolio, penting pula dimiliki setiap mahasiswa, yaitu keinginan untuk mengembangkan diri dengan mengasah life skill.

Dalam sambutannya, Ketua Departemen Antarbudaya, menyampaikan bahwa kampus UGM bukan hanya tempat terbaik untuk belajar, tetapi juga untuk pengembangan life skill. “Selesai belajar S-3, saya masuk universitas kehidupan,” ungkap Prof. Sangidu, “saya mengembangkan life skill di kampus UGM ini dengan keliling dunia. Saya kunjungi 40 negara dunia dan kunjungan itu kian mengasah life skill saya.”

Acara ini kian hangat dengan perkenalan antara civitas academica, dosen dengan para mahasiswa Program Studi Magister dan Doktor Pengkajian Amerika angkatan 2021 dan 2022.

Acara perkenalan dilanjutkan dengan penjelasan kurikulum Program Studi Magister dan Doktor Pengkajian Amerika oleh Bapak Dr. Aris Munandar, M. Hum. Setelah itu, seluruh peserta kegiatan yang hadir mendengar langsung presentasi tesis dari lulusan Program Studi Magister Pengkajian Amerika angkatan 2019 oleh Angelica Raras Anin dan Listianti Jaya Arum. “Presentasi tesis di depan mahasiswa baru adalah tradisi kami dalam kegiatan penyambutan mahasiswa baru. Tujuannya untuk memberi gambaran bagaimana tesis nanti dibuat,” jelas M. Riza Rahayu Muludi, mahasiswa angkatan 2021.

Selesai presentasi, kepengurusan ASSAA yang lama diserahterimakan ke kepengurusan ASSAA yang baru. Penanggung Jawab ASSAA yang mewakili untuk kepengurusan baru ialah Salsabila Bunga Sangsthita, mahasiswi angkatan 2021 (Semester Genap). Beliau akan bertugas selama satu semester ke depan.

Acara ini diakhiri dengan tanya jawab ringan dan makan siang bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.