Workshop Penulisan Artikel Jurnal oleh Mahasiswa S2 Pengkajian Amerika Universitas Gadjah Mada

Program studi S2 Pengkajian Amerika bekerja sama dengan Association of American Studies Students and Alumni (ASSA) menyelenggarakan kegiatan Workshop Penulisan Artikel Jurnal. Kegiatan ini diikuti oleh dosen, mahasiswa S2 Pengkajian Amerika, mahasiswa prodi Kajian Budaya Timur Tengah, dan mahasiswa program studi lainnya baik di dalam maupun di luar Universitas Gadjah Mada. Kegiatan workshop ini dilakukan selama 1 (satu) hari, pada hari Rabu, 26 Oktober 2022.

Topik menarik dibawakan oleh Bapak Dr. Aris Munandar M. Hum., selaku narasumber utama. Beliau adalah dosen di program studi Magister Pengkajian Amerika Universitas Gadjah Mada. Berbagai penelitian yang telah Beliau lakukan mencakup pembahasan mengenai bahasa, komunikasi dan budaya, linguistik terapan, linguistik pendidikan, dan sosio humaniora.

Berkaitan dengan materi workshop, narasumber menjelaskan bahwa dalam proses penulisan artikel perlu memperhatikan rentetan standarisasi struktur penelitian. Adapun struktur penulisan artikel yaitu: abstract, introduction, literature review, methods, discussion, dan conclusion. Untuk penjelasan lebih lanjut yang dipaparkan oleh narasumber, pertama Beliau mendeskripksikan bahwa abstract mencakup gambaran latar belakang, tujuan, metode, hasil, dan kontribusi ataupun implikasi dari penelitian yang dilakukan. Kedua, dalam introduction dijelaskan bahwa penulis harus mampu membangun sebuah gambaran mengenai fenomena terbaru yang akan diteliti dan tujuan khusus dari kasus yang diangkat oleh peneliti. Ketiga, literature review merupakan alat bagi pembaca dalam memahami perkembangan penelitian yang akan didiskusikan dalam sebuah artikel. Maka dari itu, narasumber menyampaikan pentingnya untuk mencantumkan struktur dari literature review yang terdiri dari deskripsi singkat mengenai penelitian-penelitian terdahulu dan kemudian mengevaluasi hingga menemukan gap dari hasil penelitian sebelumnya.  Setelah menemukan kekuatan ataupun kelemahan dan gap dari penelitian sebelumnya, maka penulis dapat mempertegas pentingnya topik yang akan diteliti. Keempat, methods mencakup penjelasan mengenai prosedur yang akan digunakan dalam sebuah artikel, seperti menjelaskan bagaimana data dianalisis sehingga pembaca dapat memahami keredibilitas hasil sebuah penelitian. Kelima, dalam bagian discussion, narasumber memberikan pemaparan agar mengaitkan data penelitian dengan konsep yang diaplikasikan dalam tulisan dan mendiskusikan data penelitian dengan literatur yang relevan, Terakhir, narasumber memaparkan bahwa dalam bagian conclusion perlu mempertegas temuan yang diketahui dan memberikan deskripsi mengenai implikasi temuan terhadap suatu isu yang berkaitan dengan objek penelitian.

Selain menjelaskan konsep dasar dari strukturisasi penulisan artikel, Beliau juga menyampaikan hal penting lainnya terkait tips dan trik untuk mahasiswa melakukan penelitian. Beberapa diantaranya seperti, memahami terlebih dahulu target dari pembaca artikel, mempertimbangkan apa yang seharusnya mereka perlu ketahui, dan juga memberikan evidence dalam sebuah artikel agar asumsi yang diberikan terjustifikasi kebenarannya. Singkat kata, acara ditutup dengan kegiatan tanya jawab interaktif dari peserta, dan juga narasumber memberikan jawaban yang sangat ringkas dan mudah dimengerti sehingga menambah wawasan peserta dalam memahami penulisan artikel.

Pemaparan materi penulisan artikel jurnal oleh Bapak Dr. Aris Munandar, M.Hum.
Peserta workshop yang terlihat antusias mendengarkan pemaparan materi.
Pendalaman materi workshop dengan diskusi interaktif bersama peserta.
Penutupan acara dengan pemberian doorprize kepada salah satu peserta dalam sesi tanya jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published.