KUNJUNGAN PROGRAM STUDI MAGISTER PENGKAJIAN AMERIKA KE UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

Kamis, 14 September 2023, Program Studi Magister Pengkajian Amerika melakukan pengenalan Program Studi ke Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan bentuk upaya promosi  Pengkajian Amerika sekaligus bertujuan untuk memperluas jaringan dan menjalin silaturahmi dengan Universitas yang dituju. Dalam kunjungannya, Prodi Pengkajian Amerika diwakilkan oleh seorang Dosen; Dr. Aris Munandar., M.Hum,  dengan 5 orang  perwakilan mahasiswa: Annida Ul Marhamah, Clara Andita, Elka Tsara, Leny Roslinda Sinaga, dan Krisna Sujiwa.  Tim ini disambut oleh perwakilan dosen  Prodi Sastra Inggris, UMP, diantaranya Fitri Rakhmawati, S.S., M.Pd,  Titik Wahyunungsih, S.S., M.Hum,  dan Widya Nirmalawati, S.S., M.A.

Perwakilan tim Pengkajian Amerika mengisi acara Kuliah Umum dengan tema American Literature, and Culture and Its Contribution to Cross-cultural Understanding  yang disampaikan Oleh bapak Aris Munandar dan dihadiri sekitar 30 orang mahasiswa semester 3 dan 5 dari Prodi Sastra Inggris UMP.  Dalam presentasinya beliau menyinggung pentingnya pemahaman lintas budaya dalam masyarakat global. Setelah penyampaian materi tersebut, acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi contoh penelitian sosial dan sastra dalam lingkup Pengkajian Amerika yang disampaikan oleh perwakilan mahasiswa. Elka Tsara menyampaikan contoh penelitian sosial di Pengkajian Amerika yang berjudul Harmonizing Souls: The Consumerization of Religious Music Which Affect People’s Life. Setelahnya, Clara Wijaya menyampaikan presentasi yang berjudul Gender Roles’ Different Effects on American Male and Female as reflected In Nathanael Hawthorne’s The Ambitious Gift,yang kemudian dilanjutkan oleh presentasi dari mahasiswa lainnya.

Presentasi contoh penelitian ranah sosial oleh Elka Tsara
Presentasi penelitian ranah sastra oleh Clara Wijaya
Presentasi contoh penelitian ranah sastra oleh Leny R. Sinaga

Penyampaian materi dari perwakilan Program Studi Pengkajian Amerika mendapat sambutan baik dari para mahasiswa dan dosen yang datang. Antusiasme dapat dilihat dari pertanyaan yang muncul dalam sesi tanya-jawab. Salah satu perwakilan mahasiswa Sastra Inggris UMP menanyakan mengapa topik penelitian di Pengkajian Amerika begitu beragam, menarik dan bisa dimulai dari hal-hal yang kita senangi – seperti musik – seperti yang disampaikan Elka Tsara. Hal itu kemudian dijawab dengan menyampaikan bahwa di Pengkajian Amerika, penelitian bisa dilakukan dari hal yang mikro seperti musik, film, poster, dll untuk melihat fenomena yang lebih besar (makro). Acara kemudian di tutup dengan penyampaian cara mendaftar S2 di UGM, terutama di Pengkajian Amerika, pengenalan mata kuliah, menonton video profile prodi dan foto bersama.

Foto bersama antara perwakilan Universitas Gadjah Mada dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Leave a Reply

Your email address will not be published.