KUNJUNGAN DAN KULIAH UMUM OLEH PRODI PENGKAJIAN AMERIKA UGM KE PRODI SASTRA INGGRIS UNIVERSITAS DIPONEGORO

Dalam rangka mempromosikan program studi Magister dan Doktor Pengkajian Amerika Universitas Gadjah Mada, dilakukan kunjungan sekaligus kuliah umum bagi mahasiswa semester akhir jenjang sarjana di Program Studi Sastra Inggris Universitas Diponogoro Semarang, pada hari Rabu, 1 November 2023. Tim dari UGM yang diutus adalah Prof. Dr. Ida Rochani Adi, S.U. beserta dua orang mahasiswa magister Pengkajian Amerika yang mendampingi, yaitu Aldila Zulfa yang merupakan ketua ASSAA (American Studies Students and Alumni Association) yang sedang menjabat serta Ratu Nadhirah El Sarah, mahasiswa tingkat akhir. Selain mempromosikan program studi Pengkajian Amerika UGM, kegiatan ini juga ditujukan untuk memperluas jaringan dan kerja sama serta memperkuat silaturrahmi dengan alumni program magister dan doktor Pengkajian Amerika UGM yang saat ini berkarir di Semarang, khususnya di Universitas Diponogoro. Beberapa alumni PA UGM yang terlibat dan saat ini berstatus sebagai pengajar di Program Studi Sastra Inggris FIB Undip adalah Arido Laksono, S.S., M.Hum, Dr. Sukarni Suryaningsih, S.S., M.Hum, Retno Wulandari, S.S., M.A, dan Rifka Pratama, S.S., M.A.

Acara pembukaan dan penyambutan oleh Kaprodi Sastra Inggris serta Wadek Akademik dan Kemahasiswaan UNDIP

Sebelum kegiatan dimulai, Prof. Ida beserta tim UGM disambut oleh beberapa dosen Sastra Inggris yang juga merupakan alumni prodi Pengkajian Amerika UGM, kemudian acara dibuka dengan penyampaian sambutan dari bapak Prof. Dr. Alamsyah, S.S., M.Hum selaku Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan FIB Undip serta sambutan dari Prof. Dr. Ida Rochani Adi, S.U. selaku perwakilan dari UGM. Kegiatan promosi ini dikemas sebagai kegiatan kuliah umum bertemakan “Kajian Budaya Populer dalam American Studies” dengan gaya talk show sehingga acara berjalan secara interaktif dan dihadiri oleh sejumlah kurang lebih 50 mahasiswa tingkat akhir jurusan Sastra Inggris dari berbagai konsentrasi serta beberapa orang dosen. Kuliah umum yang disampaikan oleh Prof. Ida berjudul “Popular Culture in American Studies” yang berisi penjelasan-penjelasan mengenai apa itu budaya popular, bagaimana hubungannya dengan karya sastra, dan bagaimana prodi Pengkajian Amerika UGM ini memfasilitasi isu-isu sastra dan budaya popular secara keseluruhan. Selama acara berlangsung, moderator juga menginformasikan bahwa di prodi Sastra Inggris Undip kerap dilakukan survey mengenai minat mahasiswa terhadap beberapa penjurusan diantaranya sastra, linguistic dan pengkajian Amerika, dan hasilnya lebih dari 50% mahasiswa berminat untuk memilih penjurusan Pengkajian Amerika.

Penyampaian materi Kuliah Umum oleh Prof. Dr. Ida Rochani Adi, S.U.

Setelah peyampaian materi selesai, beberapa peserta mengajukan pertanyaan diantaranya seputar spesifikasi penelitian dalam lingkup Pengkajian Amerika, juga perkembangan budaya populer yang lahir di luar Amerika Serikat. Secara keseluruhan, acara berjalan lancar dan mendapatkan antusisame yang tinggi dari mahasiswa yang menyatakan tertarik untuk melanjutkan studi ke jenjang magister dengan tujuan prodi Pengkajian Amerika. Selain berkesempatan untuk mengisi kuliah umum sekaligus mempromosikan prodi Pengkajian Amerika, tim UGM juga berkesempatan untuk menjalin komunikasi dengan beberapa alumni Pengkajian Amerika UGM dalam rangka networking serta upaya untuk melibatkan kembali alumni-alumni dalam kegiatan ASSAA. Aldila, selaku ketua ASSA menyampaikan mengenai kegiatan terdekat yaitu Lecture Series serta Thanksgiving Lunch sebagai runtutan cara tahunan Thanksgiving yang akan diselenggarakan pertengahan bulan November 2023. Para alumni sangat antusias untuk bisa kembali terlibat dalam kegiatan-kegiatan ASSAA serta menjalin jejaring antar sesama alumni juga mahasiswa Pengkajian Amerika UGM. Rangkaian kegiatan kunjungan dan kuliah umum ini diakhiri dengan sesi ramah tamah antara Prof. Ida dan tim UGM bersama alumni-alumni prodi master serta doktor Pengkajian Amerika yang saat ini menetap di kota Semarang.

Foto bersama mahasiswa peserta kuliah umum
Sesi ramah tamah dengan alumni Pengkajian Amerika UGM di Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published.