Kegiatan Promosi Prodi Magister dan Doktor Pengkajian Amerika Dalam forum The 3rd ICONESIA di Bangka

Dalam acara the 3rd ICONESIA  (International Conference on English Studies in Indonesia) kali ini, Fakultas Ilmu Budaya memberikan tugas kepada Dr. Aris Munandar, M.Hum untuk melaksanakan kegiatan Promosi Prodi Magister dan Doktor Pengkajian Amerika. Kegiatan berlangsung selama 3 hari (1-3 November 2023) di Hotel Swiss Belhotel Pangkal Pinang – Bangka, yang menjadi tempat penyelenggaraan the 3rd ICONESIA. Konferensi dihadiri secara luring oleh kurang lebih 70 dosen/kaprodi S1 Bahasa/Sastra/ Pendikan Inggris se Indonesia. Sebagian yang lain mengikuti secara daring.

Kegiatan promosi dilakukan dengan menempati stand promosi. Stand promosi diisi dengan standing banner dan leaflet Pengkajian Amerika. Penjelasan tentang Prodi Pengkajian Amerika disampaikan kepada peserta konferensi yang singgah di stand. Selain itu, dilakukan pertemuan dengan kaprodi pada saat saat jeda konferensi dan wawancara dengan reporter TVRI Bangka Belitung untuk diseminasi secara luas di Masyarakat. Respon dari dosen/kaprodi sangat baik. Beberapa prodi memiliki dosen lulusan dari prodi Pengkajian Amerika dan telah mengetahui linearitas Prodi Pengkajian Amerika dengan Prodi S1 Bahasa dan Sastra Inggris. Dosen-dosen yang belum memiliki kualifikasi Pendidikan S3 telah merencanakan studi lanjut ke program S3, termasuk S3 Pengkajian Amerika. Informasi tentang Pengjian Amerika juga akan disampaikan kepada para Mahasiswa S1 agar mereka memiliki wawasan yang memadai ketika akan menentukan pilihan Prodi untuk studi lanjut jenjang Magister.

Terdapat hal-hal berikut ini yang menjadi kendala bagi Prodi Magister dan Doktor Pengkajian Amerika untuk mendapatkan mahsiswa baru.

  1. Prodi Pengkajian Amerika belum tercantum dalam daftar Prodi yang dapat dipilih oleh pelamar beasiswa LPDP dan BPI maupun beasiswa dari Kemenag.
  2. Prodi Pengkajian Amerika sering kali tidak dicantumkan dalam Surat Pengumuman rekrutmen dosen dalam seleksi nasional ASN maupun seleksi madiri oleh Perguruan Tinggi.

Untuk itu, prodi akan segera mengupayakan agar Prodi Magister dan Doktor Pengkajian Amerika masuk ke dalam daftar prodi yang dapat dipilih oleh pelamar beasiswa LPDP, BPI dan Kementerian Agama; serta dicantumkan sebagai bidang ilmu yang disebutkan dalam Pengumuman seleksi dosen.

Dokumentasi kegaitan ICONESIA di Bangka 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published.