Optimalisasi Kemampuan Akademik Mahasiswa S2 Pengkajian Amerika UGM melalui Workshop Penulisan Jurnal Artikel

Berkolaborasi Association of American Studies Students and Alumni (ASSA), Program studi S2 Pengkajian Amerika menyelenggarakan kegiatan Workshop Penulisan Artikel Jurnal. Kegiatan ini diadakan pada Rabu, 17 September 2024 di ruang 102 Gedung Siti Baroroh yang diikuti oleh mahasiswa S2 Pengkajian Amerika. 

Acara ini dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, materi disampaikan oleh Bapak Dr. Aris Munandar, M. Hum., Kepala Program Studi Magister Pengkajian Amerika, Universitas Gadjah Mada. Sementara sesi kedua dibawakan oleh Emma Natasha Octoveria, S. S., M. A. yang merupakan lulusan Magister Linguistik, Universitas Gadjah Mada. Beliau telah berhasil mempublikasikan artikelnya pada jurnal terindeks Scopus Q-1 berkolaborasi dengan Dr. Aris Munandar, M. Hum.

Pada sesi pertama ini, narasumber menyampaikan gambaran umum terkait struktur penulisan artikel jurnal kepada mahasiswa.  Umumnya, struktur inti artikel jurnal terdiri atas introduction, method, result and discussion atau biasa disingkat (IMRaD). Lebih detailnya, artikel jurnal pada umumnya secara sistematis tersusun atas abstract, introduction, literature review, methods, result and discussion, dan conclusion serta reference. Kemudian pada sesi kedua, Emma menyampaikan materi yang bertajuk “Literature Review: Balancing between Sensibility and Credibility”. Dalam pemaparannya ini, beliau memberikan tips dan trik dalam menuliskan literature review. Selain itu, pada sesi ini, Emma juga memberikan contoh praktis penulisan literature review yang baik kepada mahasiswa dengan menampilkan penulisan literature review dari artikel jurnal bereputasi dan berkualitas. Untuk mempermudah penulisan sitasi dan referensi, Emma mendemonstrasikan secara langsung bagaimana menggunakan aplikasi manajemen referensi, Mendeley yang menurutnya, sangat membantu mahasiswa dalam manajemen waktu penulisan.

Sesi diakhiri dengan tanya jawab interaktif bersama peserta. Para narasumber juga menekankan pentingnya memperbanyak membaca artikel jurnal bereputasi untuk membiasakan diri dengan penulisan akademik berkualitas dan membangun pola pikir yang mendukung penelitian yang baik.

Pemaparan materi pada sesi pertama oleh Dr. Aris Munandar, M. Hum.
Pemaparan materi pada sesi kedua oleh Emma Natasha Octoveria, S. S., M. A.
Dokumentasi peserta bersama dengan pembicara

Leave a Reply

Your email address will not be published.