Charity Act ASSAA 2017: “Pelatihan Nilai Kemandirian bagi Adik-Adik Penghuni Panti Asuhan Ulil Albab”

 

Charity Act merupakan salah satu kegiatan non-akademik tahunan mahasiswa S2 Pengkajian Amerika yang bersifat humanis. Kegiatan ini diisi dengan workshop pengembangan kreativitas bagi generasi penerus bangsa (target peserta). Selama kegiatan ini, para anggota dapatmengabdikan diri untuk terjun langsung pada kegiatan humanis/sosial bertempat di luar lingkup Universitas Gadjah Mada. Dengan kegiatan ini, diharapkan para anggota ASSAA dapat memberi pengaruh positif pada target peserta kegiatan Charity Act ini.

Charity Act periode ini dilaksanakan pada hari Minggu 3 September 2017. Memilih tempat penampungan anak-anak yatim, piatu, dan yatim-piatu berlokasi di Kotagede, kota Yogyakarta yaitu Panti Asuhan Ulil Albab sebagai tempat pelaksanaan acara. Panti asuhan tersebut didirikan pada tahun 2015. Hingga kini, Panti Asuhan Ulil Albab menampung anak yatim piatu berbagai usia, dari balita hingga remaja. Panti ini masih mengalami banyak kekurangan fasilitas yang mendukung. Hal ini dikarenakan Panti ini masih dalam tahap perintisan. ASSAA memilih Panti Asuhan ini dikarenakan usia panti yang masih relatif baru dan belum banyak diketahui orang sehingga masih sangat membutuhkan dukungan dan bantuan untuk perkembangan ilmu pengetahuan anak asuh panti tersebut. Lebih jauh lagi, kunjungan dan bantuan berupa pelatihan ketrampilan untuk mereka sangat dibutuhkan.

Kegiatan peningkatan nilai kemandirian melalui pelatihan kreativitas membatik di atas media kayu kepada adik-adik di Panti Asuhan Ulil Albab berjalan lancar dengan antusias yang tinggi dari para peserta kegiatan. Diawali dengan pembukaan MC dari mahasiswa Pengkajian Amerika yakni Anastasia Oendy dan sambutan ketua pelaksana yaitu Galant Nanta. Dilanjutkan perkenalan dari adik-adik panti dan teman-teman mahasiswa. Memasuki acara inti, kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan cara-cara dan bahan-bahan membatik pada media kayu. Untuk pelaksanaan kegiatan ini, kami bekerjasama dengan Sanggar Batik Punokawan. Setelah itu, seluruh target peserta berkesempatan praktik langsung membatik pada media kayu yang didampingi anggota ASSAA.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan menyenangkan dengan tersalurnya energy positif kepada target peserta. Ada beberapa yang merasa hasil batiknya kurang rapi namun tidak sedikit yang menghasilkan kreasi-kreasi yang baik. Walaupun begitu, adik-adik tetap senang karena akhirnya pernah praktik membatik pada media kayu. Acara kami tutup dengan mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak Panti Asuhan Ulil Albab yang telah memberi kesempatan untuk mengadakan kegiatan ini juga seluruh pihak Program Studi Pengkajian Amerika, Departemen Antarbudaya, Fakultas Ilmu Budaya serta anggota ASSAA yang telah mendukung acara ini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.