Penguatan Kemampuan Merespon Perubahan Sosial pada Kelompok Angkatan Kerja Kabupaten Sleman

Modernisasi menyebabkan perubahan pada masyarakat, terutama munculnya perkembangan teknologi yang mempermudah masyarakat dalam melakukan aktivitas. Namun, didalam kemudahan tersebut terdapat dampak pada penggunanya. Maka, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, pada sabtu 25 Mei 2019, Departemen Antar Budaya bersama mahasiswa American Studies yang tergabung dalam organisasi ASSAA (American Studies Students and Alumni Association) dan didampingi oleh Ketua Program Studi S2 Pengkajian Amerika Universitas Gadjah Mada (UGM) Bapak Dr. Aris Munandar, M.Hum. melakukan sosialisasi tentang perubahan sosial yang terjadi dan penanggulangannya. Pelatihan ini ditujukan untuk peserta pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Sleman.

Ada dua poin utama yang disampaikan dalam pelatihan ini. Pembicara Ibu Karlina Maizida, S.Psi, MA. menjelaskan mengenai poin pertama, tentang pentingnya mengontrol diri akan keinginan untuk memiliki teknologi terbaru, contohnya ponsel pintar (smartphone). Masyarakat diharapkan lebih menekankan pada kebutuhan dan fungsi dari barang-barang tersebut daripada keinginan untuk menyamakan strata sosial.

Poin kedua yang disampaikan pada kegiatan ini adalah mengenai bagaimana cara menanggulangi sampah plastik yang saat ini semakin banyak ditemukan di lingkungan sekitar. Pembicara Bapak Rahmawan Jatmiko, SS, MA. memberikan informasi dan memberikan sosialisasi mengenai cara penanggulangan sampah plastik. Beliau mengatakan bahwa masyarakat harus lebih pintar dan sadar untuk menanggulangi masalah sampah. Karena sampah plastik memerlukan waktu lebih lama untuk hancur, maka masyarakat harus mulai mengurangi pemakaian plastik, misalnya dengan memakai barang alternatif yang dapat digunakan berulang kali (reusable).

No Section Title – 1735 No Column Title – 1736