Penyambutan Mahasiswa Baru Magister Pengkajian Amerika Universitas Gadjah Mada Tahun Ajaran Ganjil 2019/2020

Atas karunia Tuhan Yang Maha Esa, pelaksanaan penyambutan mahasiswa baru Pascasarjana Magister Pengkajian Amerika (American Studies) yang dilangsungkan pada hari Senin tanggal 12 Agustus 2019 berjalan dengan sukses. Kegiatan yang dilangsungkan mulai pukul 08:00 WIB hingga 12:00 WIB diikuti oleh seluruh mahasiswa baru dengan antusiasme baru yang mewarnai Magister Pengkajian Amerika (PA) dengan nuansa dan semangat baru. Adapun susunan acara kegiatan penyambutan mahasiswa baru adalah sebagai berikut:

A. Pembukaan dan Sambutan dari ketua ASSAA

Ketua ASSAA periode 2019-2020, Giyasurrahman, S.S, membuka acara dengan menyambut dan mengucap selamat mahasiswa baru yang lolos seleksi dan berhasil diterima secara resmi menjadi mahasiswa PA.

Ketua ASSAA periode 2019/2020 memberikan sambutan

B. Pengenalan Lingkup Akademik oleh KAPRODI PA

Dr. Aris Munandar, M.Hum  selaku KAPRODI PA memberikan selamat atas diterimanya 13 mahasiswa baru dan menggunakan kesempatan ini untuk memberikan informasi seputar PA yang mencakup deskripsi PA beserta visi dan misinya, prosedur pemilihan mata kuliah (KRS), syarat kelulusan, dan berbagai hal yang berkaitan erat dengan lingkup akademik dalam PA.

Kaprodi Pengkajian Amerika, Dr. Aris Munandar, memberikan sambutan

 

C. Pengenalan ASSAA dan berbagai program di dalamnya

ASSAA yang dalam periode kali ini mengajukan formasi tim berupa Event-Related Division (ERD), Academic-Related-Division (ARD), dan Media-Related Division (MRD), mengutus perwakilan dari masing-masing divisi untuk mempresentasikan program kerja yang yang diampu oleh masing-masing divisi. Mahasiswa baru pun diperkenalkan dengan berbagai program menarik dan bermanfaat seperti jurnal RUBIKON, Charity Act, Study Tour, Seminar Internasional ASIC, dan masih banyak lagi program menarik lainnya.

D. Presentasi Thesis

Magister Pengkajian Amerika berkomitmen untuk mempersiapkan mahasiswanya untuk siap sedini mungkin dalam merampungkan Thesis. Untuk itu, acara penyambutan juga diisi oleh dua narasumber yang merupakan mahasiswa PA yang telah lulus mengikuti sidang akhir Lisa Okta Wulandari dengan tesis berjudul “The Challenge towards the Hegemony of Heteronormativaty as depicted in JENNY’S WEDDING: A Pierre Bourdieu’ Social Reproduction Approach” dan Galant Nanta Adhitya dengan tesis berjudul “Fashion in Globalization: A Study on Fashion Blogs in the United States and Indonesia” untuk berbagi pengalaman dan mempresentasikan hasil penelitiannya. Hal ini diharapkan mampu memberikan gambaran jelas mengenai alur penulisan Thesis dan mendorong semangat mahasiswa baru untuk merampungkan Thesis dalam jangka waktu yang wajar.

E. Penutupan

Setelah semua acara inti terlaksana, acara penyambutan mahasiswa baru pun ditutup dan dibumbui dengan kegiatan sambung rasa antar angkatan serta foto bersama.

Magister Pengkajian Amerika mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru yang lolos seleksi menjadi mahasiswa Pengkajian Amerika Universitas Gadjah Mada.

No Section Title – 1834 No Column Title – 1835