Kunjungan Program Studi Magister Pengkajian Amerika ke UIN Sunan Gunung Djati, Bandung

Program Studi Magister Pengkajian Amerika, Departemen Antarbudaya, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada melaksanakan program Promosi Kerjasama Pendidikan ke UIN Sunan Gunung Djati, Bandung. UIN Sunan Gunung Djati, Bandung memiliki Program Studi Sastra Inggris dengan jumlah mahasiswa dan dosen yang besar: 250 mahasiswa baru per tahun, dan 39 dosen tetap. Kunjungan Kerjasama Pendidikan ini dilaksanakan oleh satu dosen Program Studi Magister Pengkajian Amerika, yaitu Dr. Aris Munandar, M.Hum. disertai 1 mahasiswa dari program studi tersebut, yaitu Riza Rahayu Muludi pada hari Selasa, 22 November 2022 – Kamis, 24 November 2022.

Acara diawali dengan pertemuan antara pihak Program Studi Magister Pengkajian Amerika dan Dekan Fakultas Adab dan Humaniora untuk menyampaikan maksud kunjungan. Turut hadir dalam pertemuan ini yaitu Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Ketua Program Studi Sastra Inggris. Dekan menyambut baik kunjungan Program Studi Magister Pengkajian Amerika dan akan memberikan dukungan bagi lulusan Sastra Inggris maupun dosen Sastra Inggris yang akan melanjutkan studi ke Program Studi Magister dan Doktor Pengkajian Amerika UGM. Terdapat beberapa dosen UIN Sunan Gunung Djati, Bandung lulus dari Program Studi Magister Pengkajian Amerika yang berprestasi dan menunjukkan kinerja yang baik.

Selanjutnya adalah kegiatan yang dikemas dalam Presentasi “Pengenalan Program Studi Magister Pengkajian Amerika” yang diikuti oleh dosen dan para mahasiswa Sastra Inggris semester 7 dengan Narasumber Dr. Aris Munandar, M.Hum. Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran Video Profil Program Studi Magister Pengkajian Amerika. Untuk memberikan gambaran yang lebih kongkrit mengenai bidang kajian dari Program Studi Magister Pengkajian Amerika, Riza Rahayu Muludi, mempresentasikan rencana penelitan tesisnya.

Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab. Mahasiswa sangat tertarik untuk mengetahui peluang karir bagi lulusan Program Studi Magister Pengkajian Amerika. Dari hasil pelacakan alumni, diketahui bahwa sebagian besar (80%) alumni Program Studi Magister Pengkajian Amerika telah bekerja sebagai dosen dan peneliti di lembaga-lembaga perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk itu disampaikan strategi persiapan lulusan oleh program studi, yaitu mendorong mahasiswa untuk menyiapkan portofolio yang menunjukkan beragam pengalaman yang akan menunjang pengembangan karir lulusan dari Program Studi Magister Pengkajian Amerika.


Foto bersama Wakil Dekan Kemahasiswaan, Ketua Program Studi dan dosen Sastra Inggris UIN Sunan Gunung Djati, Bandung

Dosen dan mahasiswa Program Studi Sastra Inggris UIN Sunan Gunung Djati, Bandung yang mengikuti kegiatan Presentasi Pengenalan Program Studi Magister Pengkajian Amerika UGM.
Penyerahan Cinderamata

Leave a Reply

Your email address will not be published.