Acara Penyambutan Mahasiswa Baru dan Serah Terima Kepengurusan ASSAA Tahun Akademik 2022/2023

Pada hari Senin (13/02), Program Studi Magister dan Doktor Pengkajian Amerika, Departemen Antarbudaya, FIB UGM Yogyakarta menggelar acara Penyambutan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023 Semester Genap serta serah terima jabatan dari Penanggung Jawab ASSAA (American Studies Students and Alumni Association) periode 2022/2023 ke Penanggung Jawab ASSAA periode 2023/2024.

Bertempat di Gedung Soegondo Ruang 105, acara ini dihadiri oleh Ketua Departemen Antarbudaya, Prof. Dr. Sangidu, M.Hum., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Budaya UGM, Dr. Nur Saktiningrum, S.S., M.Hum., Dr. Aris Munandar, M.Hum selaku perwakilan dosen Program Studi Magister Pengkajian Amerika, perwakilan mahasiswa Angkatan 2021 Ganjil, para mahasiswa Angkatan 2021 Genap, para mahasiswa Angkatan 2022 Ganjil, dan para mahasiswa baru Angkatan 2022 genap yang berjumlah sebanyak 6 orang.

Acara yang berlangsung sejak pukul 08.30 WIB ini dibuka oleh sambutan dari Ibu Dr. Nur Saktiningrum, S.S., M.Hum. yang berpesan agar para mahasiswa dapat menyelesaikan masa studi secara tepat waktu dalam termin 2 tahun. Selain itu, beliau berharap mahasiswa Prodi S2 Pengkajian Amerika UGM terus menebar manfaat dan senantiasa aktif serta strategis dalam menggali ilmu. “Selesaikan studi dalam kurun waktu yang ditentukan, yakni 4 semester, supaya mendapat jalan lebih panjang dalam memperoleh hal yang dicita-citakan,” jelas Ibu Nur Saktiningrum.

Adapun susunan acara selanjutnya adalah sambutan dari Prof. Dr. Sangidu, M.Hum. “Kita harus bangga menjadi mahasiswa Pengkajian Amerika UGM karena terbukti lulusannya tersebar di seluruh belahan dunia. Ada yang bekerja untuk Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Arab Saudi, ada pula yang sudah sukses di Korea, Amerika, dan lain-lain,” ungkap beliau. Terlebih Bapak Prof. Sangidu juga menjelaskan bahwa UGM telah menjadi gerbang yang mengantar beliau ke 40 negara sebagai akademisi dan lantas memotivasi para mahasiswa untuk terus berupaya maksimal dalam menimba ilmu.

Setelah itu dilangsungkan sesi perkenalan oleh seluruh mahasiswa yang hadir dan diakhiri dengan foto bersama. Acara dilanjutkan dengan penjelasan serta sesi tanya-jawab terkait kurikulum Tahun Akademik 2022/2023 oleh Bapak Dr. Aris Munandar, M. Hum. Dalam kesempatan ini, beliau memaparkan informasi seputar perkuliahan yang mencangkup prosedur pemilihan mata kuliah (KRS), deskripsi mata kuliah yang ditawarkan, serta hal lain yang berkaitan dengan lingkup akademik dalam Program Studi S2 Pengkajian Amerika.

Acara inti lainnya yaitu serah terima kepengurusan ASSAA yang diwakilkan oleh: Salsabila Bunga Sangsthita, S.S, mahasiswa angkatan 2021 Semester Genap, selaku Penanggung Jawab ASSAA periode 2022/2023 kepada mahasiswa angkatan 2022 Semester Ganjil, Dimas Muhammad Akbar Ramadhan Fari, S.S, sebagai Penanggung Jawab ASSAA periode 2023/2024.

Selamat Datang Mahasiswa Baru Angkatan 2022 Semester Genap Program Studi Magister Pengkajian Amerika, FIB UGM!

Leave a Reply

Your email address will not be published.